Tunggu, sedang memuat. . .

7 Lokasi Tempat Wisata Di Sukabumi Yang Bagus Dan Murah

Tempat wisata di Sukabumi ~ Sebuah daerah yang terletak di Jawa Barat ini memang menawarkan suasana alam yang sejuk dan bahkan lebih kepada suasana dingin. Berdekatan dengan kota besar yaitu Jakarta, Sukabumi menjadi destinasi favorit saat masa liburan maupun akhir pekan. Sehingga hampir bisa dipastikan jika anda bertandang ke Sukabumi di hari sabtu maka pasti akan menjumpai kemacetan yang cukup parah. Keistimewaan dari kota Sukabumi ini adalah berada di wilayah yang dikelilingi oleh bukit dan gunung sehingga anda bisa merasakan kesegaran udara dan pemandangan hijau yang masih benar-benar asri.

Keindahan alam Sukabumi ini rupanya juga didukung oleh pemerintah setempat dengan pembangunan infrastruktur yang baik sehingga ketika ada pengunjung yang ingin menikmati keindahan kota Sukabumi menjadi merasa lebih nyaman dan tenang. Berikut ini adalah beberapa daftar wisata menarik yang ada di kota Sukabumi. Baca juga: Daftar Lokasi Obyek Wisata Di Magelang Dan Sekitarnya

Pantai Cimaja

Pantai Cimaja Sukabumi

Pantai Cimaja Sukabumi

Pantai merupakan tempat liburan favorit semua orang, karena di sana anda dapat bermain air ataupun sekedar menikmati indahnya pemandangan pantai diselimuti dengan angin yang sejuk. Namun rupanya pantai Cimaja tak hanya mampu menghadirkan hal itu saja, di pantai ini anda dapat melakukan olah raga surfing dengan nyaman karena ketinggian ombaknya bisa mencapai 4 meter, fantastis.
Pantai yang masih termasuk pada pantai Pelabuhan Ratu ini tidak jauh dari Ibu kota Jakarta sehingga anda bisa mencapainya dalam waktu yang tidak terlalu lama, oleh sebab itulah mengapa pantai ini begitu banyak pengunjungnya apalagi di hari libur, untuk itu anda bisa berangkat lebih pagi agar tidak terjebak macet.
Pantai Cimaja rupanya telah banyak mengundang minat para peselancar dunia, hal ini terbukti karena di pantai ini sering diadakan kompetisi surfing tingkat nasional dan internasional, very amazing. Sebagai wisatawan domestik hukumnya wajib mengunjungi Pantai Cimaja saat berkunjung ke Sukabumi.

Situ Gunung

Wisata Alam Situ Gunung Sukabumi

Wisata Alam Situ Gunung Sukabumi

Bagi anda yang menginginkan suasana yang tenang dengan pemandangan alam yang indah, Situ Gunung adalah destinasi yang tepat. Sebuah danau yang terletak di ketinggian 970 meter dpl ini cukup membuat anda merasa lebih segar dan sejuk.
Situ Gunung terletak di lereng Gunung Pangrango atau lebih tepatnya berada di kecamatan Kadu Dampit, lokasinya tidak begitu jauh dari kota Sukabumi karena hanya berjarak sekitar 16 km saja. Lokasi situ Gunung ini sangat tepat jika digunakan sebagai latar belakang pengambilan foto bertema alam, karena wilayah ini masih benar-benar alami. Tak jauh dari lokasi danau, terdapat pula curug atau air terjun yang pemandangannya tak kalah menarik.

Kampung Ciptagelar

Kampung Adat Ciptagelar Sukabumi

Kampung Adat Ciptagelar Sukabumi

Termasuk pada wisata budaya yang akan mengajak anda melihat lebih detail tentang kehidupan para leluhur kota Sukabumi. Kampung Ciptagelar merupakan cagar budaya setempat yang masih sangat kental nuansa adatnya. Disana anda akan mendapati pemandangan yang jauh dari suasana hingar-bingar materi yang begitu gemerlap. Karena seperti kita tahu budaya orang lama adalah senantiasa merasa cukup dengan apa yang dimiliki dan lebih berorientasi pada ketenangan jiwa dari pada pemenuhan kebutuhan yang bersifat ragawi dan semu.
Masyarakat yang hidup di kampung Ciptagelar juga disebut sebagai masyarakat kasepuhan yang artinya penduduk setempat masih sangat menghormati dan menomor satukan pendapat dan fatwa dari sesepuh setempat. Tidak hanya pola pikir dan pola hidup mereka yang bisa anda amati namun model bangunan serta atmosfir yang terasa akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan tempat-tempat yang lainnya.
Untuk dapat menjangkau tempat ini memang dibutuhkan sedikit perjuangan karena letaknya yang cukup jauh dari kota Sukabumi yaitu sekitar 103 km. kampung Ciptagelar ini berada di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok Sukabumi. Meskipun jauh namun kampung Ciptagelar ini merupakan destinasi wisata favorit para wisatawan.

Goa Buniayu

Goa Buniayu Sukabumi

Goa Buniayu Sukabumi

Bagi anda yang gemar melakukan kegiatan petualangan jangan sampai lewatkan kegiatan caving yang mengasyikkan di Goa Buniayu yang terletak di Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Sukabumi ini.
Keunikan dari goa Buniayu ini adalah bentuknya yang menyerupai botol, karena pintu masuk yang terbilang sempit dan mungkin akan sedikit menyeramkan bagi anda yang baru pertama kali memasukinya.
Namun semakin jauh ke dalam anda akan mendapati area goa yang cukup luas, adanya stalaktit dan stalakmit yang begitu natural akan semakin memperkaya pengetahuan anda tentang karakteristik alam Sukabumi. Selain itu anda juga bisa melihat aliran sungai di dalam goa yang indah. Menyusuri goa yang gelap memang membutuhkan keberanian yang tinggi dan hanya bisa dilakukan oleh pencinta alam sejati.

Situ Sukarame

Situ Sukarame

Situ Sukarame

Situ Sukarame terletak di Desa Parankasalak dan lebih tepatnya berada di kaki gunung Salak yang cukup sejuk. Salah satu keunikan dari Situ Sukarame ini adalah tidak hanya dikelilingi oleh pepohonan yang rindang saja namun juga perkebunan teh yang amat luas.
Selama perjalanan menuju lokasi wisata tersebut anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah, udara yang segar dengan khas aroma teh yang membuat anda merasa lebih rilex. Situ Sukarame memberikan nuansa yang tenang dan sepi karena memang jauh dari keramaian.
Untuk anda yang ingin mengunjungi situ Sukarame, anda akan dikenai biaya sebesar Rp 5.000; untuk membeli tiket masuknya, tentu saja ini sangat terjangkau. Di dalam lokasi situ Sukarame juga terdapat berbagai macam wahana permainan, karena memang lokasi wisata ini sering digunakan untuk wisata keluarga dan bahkan untuk perkemahan anak sekolah.

Arung Jeram Sungai Citarik

Arung Jeram Sungai Citarik

Arung Jeram Sungai Citarik

Berwisata tidak hanya untuk mendapatkan ketenangan saja tentunya, namun juga sekali-kali untuk menguji keberanian anda dengan melakukan rafting di sungai Citarik. Aliran air di sungai ini cukup deras dengan bebatuan yang besar sehingga cukup meningkatkan adrenalin ketika menyusurinya.
Arung Jeram Sungai Citarik ini memang cukup terkenal di wilayah Jawa Barat, pemandangan yang begitu indah dan udara yang sejuk adalah salah satu daya tariknya. Ditambah lagi dengan adanya pemandu rafting yang berpengalaman dan siap membantu anda untuk menyusuri sungai Citarik dengan aman dan nyaman.

Geopark Ciletuh

Hutan Wisata Geopark Ciletuh

Hutan Wisata Geopark Ciletuh

Lokasi ini adalah surganya pencinta wisata air, karena di tempat ini terdapat beberapa air terjun atau biasa disebut dengan curug. Diantaranya adalah curug Cikanteh, Curug Cimarinjung, Curug Ngelay dan Puncak Manik.
Masing-masing curug tersebut masih terlihat benar-benar alami dan asri karena memang belum tersentuh oleh reka daya manusia. Pemerintah setempat hanya berusaha untuk memperbaiki infrastruktur agar lebih memudahkan untuk mencapai lokasi wisata Geopark Ciletuh ini.
Untuk dapat menikmati panorama alam yang masih murni ini anda perlu menempuh perjalanan selama 5 jam dari pusat kota Sukabumi, karena memang cukup jauh dari keramaian.

Semoga beberapa Tempat wisata di Sukabumi di atas dapat menjawab rasa penasaran anda tentang keindahan alam kota Sukabumi. Baca juga: 8 Tempat Wisata Di Batam Yang Menarik Dan Romantis

Artikel Terkait

holipet sukabumi, holipet, tempat wisata di sukabumi, holiped, air terjun holipet sukabumi, holip, Lokasi Holipet, alamat holipet sukabumi, tempat wisata di sukabumi yang murah, kebun teh hplipet diukbumi, keindahan desa nyalindung sukabumi, keindahan wisata alam sukabumi, liburaan ke holipet, keistimewaan kota sukabumi, keistimewaan suka bumi, lokasi bagus untuk fot oprewedding di sukabumi, keistimewaan sukabumi, letak holipet sukabumi, kebun teh holipet sukabumi, ke pantai mana dari nyalindung sukabumi, daftar harga wisata di sukabumi, danau yg ada di nyalindung sukabumui, desa yang bagus di sukabumi, wisata masih alami di sukabumi, harga pet, holipad sukabumi, holipe, holiped sukabumi, holipet di sukabumi, holipet sukabumi plara
error: Content is protected !!