Tunggu, sedang memuat. . .

10 Tempat Wisata di Jawa Tengah Yang Menarik Dan Terkenal

Objek wisata di Jawa Tengah ~ Pesona pulau Jawa memang tidak ada habisnya, sebagai pulau yang menjadi sentra perkembangan ekonomi di Indonesia, pulau jawa memang memiliki daya tarik tersendiri baik dilihat dari segi kebudayaan, kuliner dan tempat wisata. Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di pulau Jawa yang letaknya diapit oleh dua pulau maju, yaitu Jawa Barat dan Jawa Timur yang tidak dipisahkan oleh selat maupun laut sehingga untuk mengakses provinsi satu dan lainnya sangatlah mudah.

Jawa Tengah memiliki banyak keistimewaan, salah satu diantaranya adalah adanya dua keraton yaitu Solo dan Jogja, sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa Jawa Tengah masih sangat kental dalam hal budaya terutama kebudayaan Jawa yang masih tetap dipelihara sampai saat ini. Baca juga: 10 Tempat Wisata Di Malaysia Paling Menarik Dikunjungi
Jika berkunjung ke Jawa Tengah ada banyak lokasi yang bisa anda kunjungi diantaranya adalah sebagai berikut :

Wisata Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah

Wisata Dieng Wonosobo

Wisata Dieng Wonosobo

Tempat wisata satu ini menawarkan sebuah pemandangan landscape yang sangat menakjubkan, dan merupakan lokasi pengambilan foto yang amat recomended. Memiliki udara yang sangat segar dan bersih akan memberikan sensasi yang menenangkan dan membuat anda merasa lebih fresh.
Di wilayah ini anda dapat melihat beberapa candi hindu dengan nilai sejarah yang tinggi, selain itu juga terdapat Bukit Sikunir Dieng dan ada pula Telaga Warna Dieng serta Sumur Jalatunda. Untuk mencapai wisata Dieng ini anda hanya cukup menempuh jarak sejauh 30 km saja dari Wonosobo, cukup dekat dan tidak memakan banyak waktu.

Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah

Lokasi Wisata Curug Telu Banyumas

Lokasi Wisata Curug Telu Banyumas

Sebuah lokasi wisata yang menawarkan udara sejuk dan bersih karena terletak di lereng gunung Slamet. Tempat yang masih benar-benar asri ini akan membuat anda merasa di wilayah pedesaan yang sangat alami dan masih belum banyak terjamah oleh tangan-tangan manusia.
Di tempat ini ada pemandian kolam air panas yang sangat ramai pengunjungnya, lokasi ini memang cukup luas bahkan anda pun dapat menikmati wisata hutan yaitu Wana Wisata Baturaden yang sering digunakan sebagai tempat berkemih para keluarga maupun anak-anak sekolah.
Fasilitas lain yang bisa anda nikmati adalah kebun binatang Taman Kaloka Widya Mandala yang dilengkapi pula dengan museum dengan koleksi kerangka hewan-hewan khas Indonesia.

Museum Purbakala Sangiran, Sragen

Museum Fosil Purbakala Sangiran

Museum Fosil Purbakala Sangiran

Bagi kita rakyat Indonesia umumnya dan penduduk Jawa Tengah khususnya patut bangga karena memiliki museum purbakala terbesar di Asia hingga UNESCO tidak ragu-ragu untuk menyatakan bahwa museum ini adalah situs warisan dunia ( World Heritage ). Di museum ini anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai sejarah manusia purba yang pernah ada di bumi ini.
Di museum Sangiran ini tersimpan sekitar 13.809 fosil manusia purba beserta informasinya. Dari tempat ini terdapat banyak sekali sumbangsih pengetahuan yang sangat berguna untuk kehidupan manusia dimasa kini.
Diantaranya adalah ilmu geologo, ilmu arkeologi, paleoanthropologi serta ilmu biologi. Karena menyimpan puluhan ribu fosil manusia purba, museum yang terletak di desa Krikilan, Kec. Kalijambe ini sangat dijaga kebersihan dan keamanannya.

Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Nah, yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, candi Borobudur yang hampir semua dari anda pasti telah pernah berkunjung ke tempat yang menakjubkan ini. candi Borobudur berdiri tepat di Magelang, Jawa Tengah dengan pesona relief serta stupa yang mengandung nilai sejarah masa lalu dan penuh dengan ilmu pengetahuan.
Beberapa tahun terakhir ini candi Borobudur di klaim merupakan peninggalan dari Nabi Sulaiman, salah seorang nabi di agama Islam yang terkenal sangat kaya raya dan bisa mengerti bahasa binatang, tentu saja klaim ini tidak sekedar ucapan saja dan dibuktikan dengan beberapa fakta yang cukup meyakinkan.
Hal inilah yang membuat candi Borobudur semakin banyak diminati oleh para pengunjung. Di tempat ini terdapat kurang lebih 1.460 relief dan 504 stupa yang masih terjaga hingga saat ini. untuk dapat masuk ke lokasi candi Borobudur ini sangatlah terjangkau yaitu hanya sebesar Rp 30.000; untuk dewasa dan Rp 12.500; untuk anak-anak.

Taman Nasional Karimunjawa, Jepara

Wisata Pantai Karimunjawa Jepara

Wisata Pantai Karimunjawa Jepara

Sebuah cagar alam laut yang saat ini sudah mendapat predikat sebagai taman nasional. Di tempat ini anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, berenang, menyelam dan menikmati pemandangan indah dari terumbu karang.
Karimunjawa ini terletak cukup jauh dari pusat kota Jepara, Jawa Tengah yaitu sekitar 84 km, sehingga membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mencapai lokasi ini. ciri khas lainnya dari pantai karimunjawa ini adalah adanya pantai pasir putih yang lembut dan bersih sehingga sangat nyaman jika digunakan untuk berjemur.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo
Meskipun sebuah keraton namun tempat ini bebas dikunjungi oleh umum yang tentu saja harus tetap mematuhi peraturan yang berlaku untuk dapat memasukinya. Misalnya saja tidak menggunakan sandal, celana pendek, jaket, topi dan kaca mata hitam. Untuk memasuki keraton ini anda hanya perlu membayar Rp 4.000; saja dan apabila anda membawa kamera maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.000;. dengan memasuki keraton kasunanan surakarta hadiningrat Solo ini anda akan menyaksikan bangunan khas keraton yang dibangun oleh Sunan Paku buwono II ini, bangunan ini cukup lawas karena dibangun pada tahun 1744 masehi.
Di bagian dalam wilayah keraton tersebut terdapat tempat khusus yaitu Panggung sanggabuwana yang dipercaya merupakan tempat dimana para raja melakukan komunikasi dengan Nyai Roro Kidul atau ratu Pantai Selatan.
Keraton ini cukup sakral tentunya dan anda pun dapat melihat aktivitas di keraton yang tidak anda lihat ketika di wilayah perkotaan.

Kota lama, Semarang, Jawa Tengah
Tidak berlebihan kiranya jika kota ini disebut dengan kota lama karena memang usianya sudah mencapai sekitar 2.5 abad hingga saat ini. bangunan kota dengan gaya Eropa ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain dapat menikmati keindahan arsitektur masa lampau, anda pun dapat mengambil foto dengan background kota lama ini.
Nama lain dari kota lama adalah Little Netherland dengan salah satu daya tariknya adalah adanya gereja Blenduk yang berasal dari bahasa jawa. Blenduk merupakan satu gambaran satu bentuk benda yang melengkung. Gereja blenduk bergaya Eropa ini dilengkapi dengan 4 pilar yang amat kokoh dan terlihat khas gaya Eropanya. Gereja blenduk ini memang sengaja mempertahankan ciri khasnya dengan tetap menggunakan warna putih sebagai cat dominannya, sedangkan bagian atap yang berbentuk melengkung ini di cat dengan warna merah hati, tentu saja ini pemandangan yang cukup kontras namun memiliki kesan tersendiri ketika bisa melihatnya secara langsung.
Beberapa Tempat wisata di Jawa Tengah bisa anda kunjungi dengan mudah karena akses jalan yang nyaman dan dukungan infrastruktur yang baik. Baca juga: Tempat Wisata Terkenal Di Singapore Yang Wajib Dikunjungi

Artikel Terkait

tempat wisata di jawa tengah, keistimewaan jawa tengah, pemandangan alam terindah di jawa tengah, wisata di jawa tengah, tempat wisata jawa tengah, rumah minimalis 2018, wisata jawa tengah, Poto2 wisata provinsi jawa tengah, foto d jawa tengah, museum berbentuk unik di jawa tengah, museum paling terkenal diindonesia, objek wisata di borobudur yang belum familiar, objek wisata di jateng, objek wisata di jawa tengah, pariwisata jawa tengah yang bagus buat foto, pariwisata jawa tengah yang terkenal 2016, alamat museum foto yang ada di jawa tengah, pemandangan di jawa, lokasi wisata dijawatengah, lokasi jawa tengah yang indah, Lokasi foto family recomended di jawa tengah, foto wisata jawa tengah, Foto wisata terindah di jawa tengah, gambar tempat wisata jawa tengah, gambar wisata jawa tengah, informasi tempat wisata di jawa tengah, jawa tengah tempat menarik, destinasi wisata jawa tengah, daya tarik apa saja wisata dipulau jawa, wisata yang indah di Jawa Tengah
error: Content is protected !!