Tunggu, sedang memuat. . .

Tempat Wisata Di Bengkulu Yang Menarik Dan Bersejarah

Tempat wisata di Bengkulu terbilang cukup lengkap, karena terdapat wisata alam maupun wisata sejarah yang berkaitan dengan masa perjuangan saat melawan penjajah. Bengkulu merupakan daerah yang berhadapan dengan samudera Indonesia dan berada di pesisir barat Pulau Sumatera. Ada banyak sekali lokasi wisata di provinsi Bengkulu, dan berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang sangat recommended untuk dikunjungi.

Benteng Marlborough

Benteng Marlborough

Benteng Marlborough

Sesampai di kota Bengkulu anda akan disuguhi dengan beragam pilihan wisata, salah satunya adalah wisata sejarah yang ada di kawasan Pantai Barat Sumatera ini. Benteng Marlborough adalah bangunan bersejarah yang di bangun pada tahun 1713 – 1719, merupakan Benteng peninggalan kerajaan Inggris yang terkuat di wilayah timur. Sampai saat ini Benteng tersebut masih berdiri kokoh dan menjadi obyek wisata sejarah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Baca juga: Tempat Wisata Di Australia Paling Indah Dan Terkenal

Pantai Panjang

Pantai Panjang

Pantai Panjang

Daerah pantai yang sangat fenomenal karena memiliki garis pantai sepanjang 7 km, bisa jadi karena fenomena inilah pantai ini disebut dengan pantai Panjang. Lokasi pantai yang sangat mudah dijangkau karena sangat dekat dengan pusat kota, anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk melalui perjalanan sejauh 3 km agar sampai ke pantai Panjang ini. Perihal fasilitas umum, di pantai ini tentu saja dilengkapi dengan beragam fasilitas yang akan mendukung kebutuhan liburan para pengunjungnya, misalnya saja track jogging, penginapan, arena bermain untuk anak-anak, restoran, café dan pusat perbelanjaan.

Ketika berada di lokasi pantai Panjang anda juga bisa mencoba wahana permainan seperti surfing, berenang ataupun bermain air. wilayah pantai yang cukup panjang akan membuat semua pengunjung merasa lebih leluasa ketika bermain di pinggir pantai. Ditambah lagi dengan suasana yang sejuk karena di sepanjang bibir pantai terdapat pohon cemara dan pohon pinus yang tumbuh bersusulan satu sama lain. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati panorama sunset yang romantis di pantai Panjang ini.

Rumah Kediaman Bung Karno

Rumah Kediaman Bung Karno di Bengkulu

Rumah Kediaman Bung Karno di Bengkulu

Sebagai tokoh pejuang kemerdekaan, Bung Karno sering kali mengalami kondisi yang kurang menyenangkan, pengasingan adalah kata yang tepat untuk kondisi yang dialami oleh beliau saat itu. Bung Karno menempati rumah pengasingan yang ada di Bengkulu ini selama 4 tahun, tepatnya pada tahun 1938 hingga 1942. Di dalam lokasi rumah ini anda dapat melihat beragam benda kesayangan Bung Karno saat menempati rumah tersebut. misalnya saja sepeda onthel yang merupakan alat transportasi yang beliau gunakan setiap hari, beberapa koleksi foto Bung Karno dan masih banyak lagi yang lainnya. Di tempat inilah Bung Karno merumuskan strategi untuk mengusir penjajah dari Indonesia. Untuk dapat menikmati suasana wisata sejarah di lokasi ini anda harus membayar Rp 2.500 saja.

Kota Curup

Kota Curup

Kota Curup

Hampir setiap sudut di kota Curup memiliki pesona wisatanya yang khas, salah satunya adalah Bunga Rafflesia Arnoldi yang sangat terkenal itu bisa anda temukan di kota ini. suasana di kota Curup terasa begitu dingin, suhunya di pagi hari bisa mencapai 18 derajat celcius. Hal ini dikarenakan kondisi topografis dari kota Curup berada di wilayah pegunungan bukit barisan yang ketinggiannya berkisar antara 100 hingga 1000 meter dpl. Sehingga tak mengherankan jika suasana di kota ini terasa bagaikan di daerah puncak.

Lokasi wisata lain yang bisa anda kunjungi ketika berada di kota Curup adalah pemandian air panas yang berada di Suban Air Panas. Bagi pencinta alam bisa mencoba untuk mendaki Bukit Kaba, dan bagi anda yang ingin menikmati suasana yang tenang dapat berkunjung ke Danau Mas Harun Bastari. Satu kota dengan beragam pesona wisata yang berbeda satu dan yang lainnya, membuat kota Curup menjadi kota wisata yang paling banyak diminati oleh para wisatawan.

Pulau Tikus

Pulau Tikus Bengkulu

Pulau Tikus Bengkulu

Sebuah pulau yang terlalu luas, pulau Tikus merupakan destinasi wisata para pencinta snorkeling, karena di sekitar pulau ini terdapat banyak sekali terumbu karang yang berperan penting dalam menahan laju abrasi. Begitu indahnya panorama alam bawah laut yang ada di pulau Tikus ini membuat banyak wisatawan asing rela menempuh perjalanan laut selama 1 jam untuk bisa sampai di pulau ini. saat ini pemerintah Bengkulu sangat protektif dengan keberlangsungan terumbu karang yang ada di pulau Tikus, agar pulau ini tetap terjaga kelangsungannya dan bisa dinikmati oleh generasi penerus.

Bukit Kaba

Bukit Kaba Bengkulu

Bukit Kaba Bengkulu

Sebenarnya bukit Kaba adalah merupakan gunung aktif yang pernah meletus di tahun 1600, oleh sebab itulah di kawasan ini anda dapat melihat beberapa danau kawah. Berada di bukit Kaba akan membuat anda merasakan sensasi sejuknya udara pegunungan. Bagi anda yang ingin menuju ke puncak bukit, telah disediakan track yang mudah untuk dilalui. Anda tinggal menaiki 307 anak tangga untuk bisa menikmati panorama alam sekitar dari ketinggian 1.952 meter dpl.

Akses yang mudah ini membuat banyak wisatawan menjadi semakin bersemangat untuk berada di puncak Bukit Curup, karena pemandangan matahari terbenam yang terlihat dari puncak tersebut terkenal keindahannya. Bukit Kaba terletak di kota Curup, lebih tepatnya berada di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong.

Museum Negeri Bengkulu

Sebuah museum yang memiliki 6.220 koleksi benda-benda bersejarah, Museum Negeri Bengkulu adalah lokasi wisata edukasi yang telah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Sehingga benda-benda yang ada di museum ini merupakan transformasi benda yang sering digunakan oleh penduduk Bengkulu dari tahun ke tahun.

Museum ini tidak menyimpan benda yang berkaitan dengan peperangan melawan penjajah namun lebih kepada benda yang familiar dengan masyarakat dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. dari jumlah 6 ribu lebih koleksi yang ada di museum ini, benda-benda tersebut di kategorikan lagi menjadi 10 jenis yang berbeda. Berada di dalam museum ini akan membuat wawasan para pengunjungnya semakin bertambah. Sangat tepat jika dikunjungi bersama anak-anak anda.

Danau Dendam Tak Sudah

Mendengar nama danau ini sepertinya agak menakutkan, apakah gerangan yang melatar belakangi pemilihan nama tersebut. menurut sejarah yang beredar di masyarakat setempat, danau ini di bangun oleh kolonial Belanda dengan memanfaatkan tenaga pribumi dengan perlakuan yang tidak manusiawi, hingga pada satu waktu Belanda tak lagi meneruskan proyek ini dan ditinggalkan begitu saja. Sehingga memunculkan rasa dendam yang tak berkesudahan dari para penduduk setempat. Ada juga versi lain yang mengatakan bahwa yang dimaksud sebenarnya adalah Dam tak sudah, karena tidak kunjung selesai. Di area danau ini terdapat banyak sekali flora dan fauna yang hidup dengan baik sehingga danau ini akhirnya dijadikan sebagai cagar alam oleh pemerintah setempat.

Beberapa Tempat wisata di Bengkulu yang telah terurai di atas akan memberikan pengalaman liburan yang mengasyikkan untuk anda dan keluarga. Baca juga: Tempat Wisata Di Ubud Gianyar Bali Yang Paling Menarik

Artikel Terkait

foto benda peninggalan museum bengkulu, tempat bersejarah di bengkulu
error: Content is protected !!