Tunggu, sedang memuat. . .

Tempat Wisata Di Bangka Belitung Yang Bagus Dikunjungi

Obyek tempat wisata di Belitung ~ Sebuah daerah kepulauan yang dipenuhi dengan pesona wisata pantai, Belitung juga memiliki sumber daya alam yang luar biasa karena pulau ini merupakan penghasil timah terbesar di Indonesia. Belitung juga dikenal dengan sebutan lengkapnya yaitu Bangka Belitung, karena memang ke dua pulau ini saling berdekatan dan menjadi satu daerah dengan pemerintahan yang sama. Bangka Belitung terdiri dari daerah kepulauan, kurang lebih terdapat 470 pulau dengan ukuran yang tidak terlalu luas, dan baru 50 pulau saja yang telah di huni oleh para penduduk.

Komposisi penduduk di Bangka Belitung di dominasi oleh etnis China, sehingga di pulau ini anda akan melihat banyak klenteng, bahkan etnis China juga menjadi pemimpin di pemerintahan, sebut saja Basuki Tjahaya Purnama yang dulu pernah menjadi bupati di Bangka Belitung, ini membuktikan bahwa peran etnis China sangatlah dominan di daerah tersebut. Bagi anda yang menginginkan suasana liburan dengan koleksi panti yang indah, cobalah berkunjung ke Bangka Belitung karena di pulau ini anda dapat menemukan beberapa pantai dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. Berikut ini adalah beberapa lokasi wisata Belitung dengan panorama yang sangat indah. Baca juga: Tempat Wisata Di Bali Yang Menarik Dan Wajib Dikunjungi

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas Belitung

Pulau Lengkuas Belitung

Pesona pulau Lengkuas ini memang sudah dikenal oleh masyarakat luas baik penduduk lokal Bangka Belitung maupun wisatawan asing. Salah satu yang menarik dari lokasi ini adalah berdirinya mercusuar setinggi 50 meter, dan uniknya mercusuar ini telah berusia ratusan tahun, karena dibangun oleh Belanda pada tahun 1882.
Gaya arsitekturnya masih terjaga keasliannya hingga saat ini, begitu pula kekokohan dari bangunan ini masih sangat kuat sehingga tetap digunakan sampai sekarang. Tidak hanya berfungsi sebagaimana mestinya, namun mercusuar ini juga dijadikan sebagai obyek wisata.
Para pengunjung dapat memasuki area mercusuar dan menaiki setiap anak tangga hingga ke tingkat 50 untuk dapat menikmati pemandangan pantai dari ketinggian. Bagi anda yang merasa tidak sanggup untuk menaiki anak tangga hingga puncak, anda dapat menggunakan jendela yang selalu ada di setiap tingkat untuk mengintip ke arah luar dan melihat suasana pantai dari sudut pandang yang lebih luas.
Pulau yang terdapat di Kecamatan Sijuk ini memiliki area seluas 1 hektar, dengan hamparan pasir putih yang landai, airnya yang sangat jernih akan membuat anda selalu ingin merasakan kesegaran air laut tersebut dengan berenang ataupun sekedar bermain air.

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Kawasan pantai yang menjadi semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia, selain karena panorama alamnya yang begitu indah, pantai Tanjung Tinggi adalah merupakan tempat pengambilan beberapa adegan film Laskar Pelangi.
Pantai ini memiliki akses jalan yang mudah, dari pusat kota Tanjungpandan hanya berjarak sekitar 30 km saja. Semakin banyaknya pengunjung yang berminat untuk berlibur di pantai ini, membuat fasilitas umum menjadi lebih memadai, anda tidak akan kesulitan untuk mencari tempat menginap maupun restoran karena telah tersedia di sekitar lokasi pantai Tanjung Tinggi.
Selain panorama pantainya yang indah dan mempesona, lokasi wisata ini juga dilengkapi dengan wahana permainan lain, anda dapat mencoba bermain jet sky, mengoperasikan kano, berenang, snorkeling dan memancing.

Pantai Penyak

Pantai Penyak Belitung

Pantai Penyak Belitung

Sebuah lokasi wisata pantai yang terpampang di pinggir jalan raya, merupakan satu kawasan wisata yang sangat strategis dan bisa membuat para pengguna jalan untuk berhenti sejenak karena terpukau oleh keindahan panorama pantai Penyak tersebut.
Bagi anda yang melakukan perjalanan dari Pangkalpinang menuju Koba, maka pasti anda bisa menjumpai adanya pantai yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Banyak sekali wisatawan dadakan yang singgah ke pantai ini.
Memiliki garis pantai yang sangat panjang yaitu sejauh 3 km, pantai Penyak termasuk dalam kategori pantai dengan garis pantai terpanjang. Di sekitar pantai ini terdapat banyak penjual kelapa muda dan bisa anda nikmati sambil melihat suguhan pemandangan alam yang sejuk dan damai.

Pantai Tanjung Kelayang

Kawasan pantai Tanjung Kelayang merupakan pantai yang dikenal oleh dunia internasional, karena di pantai ini sering diselenggarakan event berskala internasional, yaitu Sail Wakatobi Belitong. Tidak bisa dipungkiri bahwa pemandangan dan suasana pantai di kawasan ini memang sangat mendukung untuk dijadikan lokasi penyelenggaraan event tersebut.

Sebab hamparan pasir putih yang bersih dan kejernihan air lautnya sangat memukau siapapun yang berkunjung ke lokasi ini. di lokasi ini anda juga bisa melihat adanya tumpukan batu yang secara alami membentuk kepala burung.

Pulau Memperak

Pulau Memperak Belitung

Pulau Memperak Belitung

Inilah tempat dimana para pencinta snorkeling melabuhkan impiannya untuk bisa menikmati pemandangan bawah laut. Pulau Memperak adalah pulau yang tidak berpenghuni dan mungkin belum dikenal secara luas.
Kawasan pantai ini menyimpan pemandangan bawah laut yang sangat mempesona, anda bisa melakukan snorkeling dari beberapa spot, yaitu dari arah utara, timur atau barat dari pantai yang ada di pulau ini.
Karena masih sangat alami dan sepertinya belum begitu diperhatikan oleh pemerintah setempat, saat berkunjung ke lokasi ini anda harus membawa perlengkapan snorkeling pribadi karena tidak ada jasa penyewaan alat-alat tersebut. termasuk juga untuk kebutuhan makanan atau minuman, anda juga harus membawa perbekalan sendiri.
Di lokasi pantai ini hanya ada beberapa penjaga dan bertempat tinggal di rumah yang dibangun di tengah pepohonan yang mengelilingi pantai. Saat melakukan kegiatan snorkeling jangan lupa untuk menggunakan alas kaki, untuk melindungi kulit kaki anda dari bulu babi yang jumlahnya cukup banyak.

Gunung Menumbing

Ketika berada di lokasi wisata ini anda tidak hanya akan menikmati suasana alam pegunungan yang sejuk dan hijau, namun anda juga bisa melakukan wisata sejarah karena di lokasi inilah Ir. Soekarno dan Bung Hatta diasingkan oleh penjajah Belanda, tepatnya pada tahun 1948 hingga 1949. Gunung dengan ketinggian mencapai 355 meter di atas permukaan laut ini, bisa anda temukan di desa Air Belo daerah Mentok. Di sini anda juga bisa menyaksikan tempat pengasingan kedua pahlawan proklamator yang masih terjaga dan terawat hingga saat ini.

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

Pantai ini merupakan pantai dengan panorama terindah di daerah Bangka Belitung, akses menuju pantai ini juga sangat mudah karena terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota Pangkal Pinang. Karakter ombak di pantai ini sangat lembut dan adanya pemandangan batuan granit dengan ukuran yang besar dan jumlah yang banyak membuat panorama alam di pantai Parai Tenggiri ini menjadi semakin mengesankan. Di pantai ini anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan yang mengasyikkan, diantaranya adalah parasailing, banana boat dan snorkeling.

Berlibur bersama keluarga dengan mengunjungi Tempat wisata di Belitung tidak akan membuat anda merasa bosan karena setiap sudut pulau ini menyimpan pesona keindahan alam yang masih terjaga dengan baik. Baca juga: Tempat Wisata Yang Bagus Di Korea Selatan Terfavorit

Artikel Terkait

bagus pantai tanjung tenggiri atau pantai tinggi, objek wisata di belitung, pantai penyak koba
error: Content is protected !!