Tunggu, sedang memuat. . .

10 Objek Wisata Menarik Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Pulau Lombok memang tidak kalah menarik dengan wisata di Pulau Bali. Bahkan Lombok dapat dikatakan mirip dengan suasana Bali di era 50 tahun lalu yang masih sangat natural dan belum banyak tersentuh oleh tangan manusia. Tidak bisa dipungkiri bahwa kebudayaan yang berkembang di Lombok ini memang sangat terpengaruh oleh pulau Dewata, termasuk juga tempat wisatanya yang masing-masing lokasi memiliki tempat yang menarik. Berikut ini adalah tempat yang wajib untuk anda kunjungi ketika memutuskan untuk berlibur atau berbulan madu di Lombok. Baca juga: 10 Tempat Wisata Di Semarang Paling Populer Dikunjungi

Tempat wisata alam yang menjadi andalan di pulau lombok

1) Pantai Senggigi
Karena keindahannya, pantai ini sering dijadikan lokasi pembuatan film maupun serial televisi. Pantai yang membentang sejauh 10 km ini sangat memikat para turis domestik maupun mancanegara, karena selain masih sangat alami dan bersih, pemandangan bawah laut dari pantai senggigi ini sangat menakjubkan. Debur ombak dari pantai senggigi ini juga tidak terlalu ganas sehingga sangat nyaman jika digunakan untuk mandi atau berendam.
Pantai senggigi adalah pantai yang memiliki udara segar dan sejuk berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya yang panas. Sejauh mata memandang anda tidak hanya akan disuguhi luasnya lautan yang biru saja namun juga pemandangan gunung Agung yang sangat menakjubkan.
Di pantai Senggigi juga disediakan penginapan maupun café dan restoran yang akan menjamu anda dengan masakannya yang khas dan lezat. Anda dapat memilih penginapan berkelas bintang hingga melati sehingga sangat fleksibel untuk disesuaikan dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

Pantai Senggigi Lombok

Pantai Senggigi Lombok

2) Pura Batu Bolong
Sesuai dengan namanya pura ini memang memiliki lubang / bolong yang terbentuk secara alami. Pura merupakan tempat ibadah bagi saudara kita yang beragama Hindu, sehingga bagi anda yang berkunjung ke pura ini diharapkan untuk selalu menaati peraturan yang tertera.
Keindahan pura Batu Bolong sekilas akan nampak seperti tanah Lot di pulau dewata, namun rupanya pura ini menyisakan satu cerita mistis yang dipercaya benar-benar terjadi oleh masyarakat setempat. Pura batu bolong ini dulunya merupakan tempat para gadis untuk dipersembahkan kepada hiu yang ada di laut tersebut dengan cara menceburkannya. Cerita ini memang sedikit seram namun akan tertutupi oleh keindahan pemandangan lautan dan gunung Agung yang begitu terlihat jelas ketika anda berada di Pura Batu Bolong ini.
Suasana yang nyaman dan sangat tenang akan begitu terasa sehingga secara tidak langsung akan menghadirkan rasa spiritual yang tinggi, oleh karena itulah tempati ini merupakan tempat yang paling nyaman untuk para umat Hindu melakukan doa dan pengabdian.
Pura Batu Bolong terletak berdekatan dengan pantai Senggigi sehingga akan sangat memudahkan anda dalam hal akses menuju tempat tersebut. selain itu juga lokasi wisata ini juga menyediakan fasilitas penginapan maupun restoran yang sangat komplit.

Pura Batu Bolong Lombok

Pura Batu Bolong Lombok

3) Pantai Kuta Lombok
Meskipun sama-sama bernama pantai Kuta namun pantai yang satu ini terletak di Lombok dan bukan di pulau Bali. Pantai in begitu tenang memiliki pasir putih yang landai, ombaknya pun tidak terlalu keras sehingga aman digunakan untuk bermain air sekaligus juga untuk mendapatkan ketenangan.
Karena ombaknya tidak begitu besar maka air di garis pantai terlihat begitu bening hingga nampak karang-karang yang ada disekitar bibir pantai. Letak dari pantai Kuta Lombok ini tidak terlalu jauh dari bandara Internasional Lombok. Di pantai ini memiliki udara yang begitu bersih dan segar karena lokasinya dikelilingi oleh perbukitan. Apabila anda berkunjung ke pantai Senggigi, hanya membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam untuk beralih lokasi ke pantai Kuta Lombok ini.

Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok

4) Desert Point atau Pantai Bongko-bongko
Jika pantai-pantai di wilayah Lombok menawarkan ketenangan dan deburan ombak yang romantis, maka berbeda untuk tempat wisata satu ini. desert point adalah surganya para pencinta surfing atau peselencar sejati yang memiliki nyali besar dan berniat untuk memompa adrenalinnya.
Sebab di tempat ini anda akan mendapati gemuruh ombak yang bisa dibilang ganas dan justru dianggap cantik oleh para pencinta surfing. Maka sudah barang tentu wilayah yang oleh penduduk setempat disebut dengan Bongko-bongko ini banyak didatangi oleh wisatawan mancanegara yang ingin mencoba keganasan ombak di tempat tersebut.
Bagi anda yang belum mahir di bidang surfing sebaiknya extra hati-hati dan bersama dengan orang yang telah berpengalaman, ataupun bagi anda yang sama sekali tidak bisa melakukan surfing juga bisa berkunjung ke tempat ini untuk menyaksikan pertunjukan gratis para pencinta surfing yang sedang bermain-main dengan ombak.

Panta Bongko Bongko Lombok

Panta Bongko Bongko Lombok

5) Gunung Rinjani
Salah satu gunung merapi tertinggi di Indonesia, tepatnya adalah nomer dua setelah Gunung Kerinci. Gunung ini terletak di ketinggian 3.726 meter dpl dan pastinya ini akan memberikan sensasi dingin yang luar biasa ketika berada dipuncak tersebut.
Salah satu hal yang menarik dari gunung ini adalah adanya kawah yang sangat indah, kawah ini disebut dengan nama Danau Segara Anak yang memiliki ukuran cukup luas. namun ada satu keunikan dari Danau ini yang dikaitkan dengan hal mistis. Yaitu apabila seseorang melihat Danau Segara Anak dan terlihat luas maka usia dari orang tersebut masih panjang, namun sebaliknya jika ketika melihat danau tersebut terlihat sempit maka usia orang tersebut tidak akan lama, percaya atau tidak itu terpulang pada diri anda masing-masing. Namun agar tidak membuat anda merasa terganggu dengan hal ini maka sebaiknya sebelum mendatangi kawah tersebut sebisa mungkin untuk mendapatkan ketenangan diri dan membersihkan hati dari hal-hal yang negatif.

Objek Wisata Gunung Rinjani Lombok

Objek Wisata Gunung Rinjani Lombok

6) Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air
Tiga gili ini memiliki pesona masing-masing, jika dilihat dari arah atas akan terlihat tiga pulau dengan bentuk yang eksotis berjajar dengan rapi. Untuk menuju masing-masing pulau ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan perjalanan laut, karena jaraknya yang berdekatan.
Gili Trawangan adalah pulau yang lokasinya terjauh dari Lombok, namun tempat ini tak pernah sepi pengunjung, sebab gili Trawangan sering digunakan untuk mengadakan pesta dengan alunan musik yang terus terdengar di sepanjang malam.
Berbeda halnya dengan gili Meno yang terletak di bagian tengah dari 3 jajaran pulau ini, di gili Meno terbilang lebih lengang dan santai sangat tepat untuk anda yang sedang ingin mencari ketenangan batin, hamparan pasir putih dan ombak yang tenang akan menemani anda ketika berjemur ataupun menikmati pemandangan langit ketika malam hari.
Sedangkan untuk Gili Air letaknya paling dekat dengan Lombok, sehingga penduduk setempat mayoritas adalah orang asli Lombok tersebut. karena letaknya paling dekat dari Lombok maka gili air ini lebih sering dikunjungi oleh keluarga yang sedang berlibur.

Wisata Gili Meno Dan Gili Trawangan

Wisata Gili Meno Dan Gili Trawangan

Demikian ini adalah daftar dari Tempat wisata di Lombok yang sangat indah dan pastinya sayang untuk tidak dikunjungi. Semoga bermanfaat. Baca juga: Tempat Wisata Di Pangandaran Yang Menarik Dikunjungi

Artikel Terkait

Hati hati wisata ke lombok, tempat menarik di senggigi
error: Content is protected !!